Titik Balik, Mungkin

Belakangan, Hidup sedang bersenang-senang. Bagai anak kecil yang sedang punya mainan baru, ia terus menerus tak ingin tidur. Selalu, selalu saja tak sabar menunggu besok, untuk melihat keajaiban apa lagi yang akan meramaikan.

Hidup sedang senang-senangnya bergerak cepat, dan benar-benar tidak mau bergerak mundur. Yang terjadi kemarin, sudah ditetapkan untuk menjadi hal-hal yang ditinggalkan. Tidak berniat sama sekali untuk membuat pembenaran sebagai permohonan untuk kembali ke sana. Tekanan-tekanan atas ekspektasi telah sepenuhnya dilepaskan, berubah bentuk menjadi sebuah kebebasan yang tidak menjatuhkan, namun mematangkan. Tampaknya bahkan ketika sedang bersenang-senang, Hidup akan selalu menyelipkan hal yang paling ia suka di atas segalanya: sebuah pelajaran.

Dan sejauh ini, keseimbangan dari keduanya ada di posisi yang tidak sulit.

Sedang untuk hal-hal yang dipercaya, telah termantapkan setelah beberapa perjalanan yang mengantarkan pada sebuah kesimpulan: beberapa hal memang ditakdirkan untuk tinggal, untuk terus ada, untuk terus menjadi.

Karena, walaupun Hidup tidak terlihat ingin menghentikan laju geraknya, dunia ini tetaplah sebuah konsep yang sama: tempat dimana keyakinan menjadi tolak ukur tak terbantahkan. Walaupun Hidup sedang bergembira bagai anak kecil, dunia ini masih dibentuknya yang sama: tempat dimana hal-hal terbaik selalu menjadi penunjuk jalan pulang. Walaupun Hidup sedang melemparkan begitu banyak hal, dunia ini selalu berada dalam keutuhan yang sama: tempat dimana kesiapan menerima dan melepaskan adalah dua hal yang selalu hadir bersamaan.

Kabar baiknya, waktu adalah penguji yang paling setia.

Mari bergerak bersama Hidup, karena melakukan hal sebaliknya adalah pernyataan kematian. Bergerak saja, bahkan ketika jaminan akan berakhir bahagia atau sebaliknya memiliki peluang yang sama besar bagi siapa saja—bahkan di satu peristiwa yang sama. Percaya pada hal-hal baru, tanpa melepaskan hal-hal lama yang telah membuktikan kepantasannya. Karena untuk menerima segala kemungkinan, satu atau dua kepastian harus selalu hadir untuk menghindarkan diri dari kebodohan-kebodohan yang tidak seharusnya. Hidup selalu membawa hal-hal baru, namun ia pun telah meninggalkan banyak kesimpulan-kesimpulan lama yang tak boleh menjadi sia-sia.

Menemukan posisi yang nyaman dalam sesuatu yang mutlak berubah memang cenderung lucu. Mungkin saja Hidup memang hanya serangkaian kejadian panjang yang menggelikan. Mungkin saja, posisi nyaman adalah jebakan besar. Mungkin saja, berubah-ubah adalah kegilaan yang terlalu wajar. Mungkin saja, segalanya hanya soal kemungkinan yang paling mungkin.

Entahlah. Siapa yang tahu? Apa yang tidak mungkin?

Dan, tulisan ini akan diakhiri dengan sebuah pernyataan: jangan terbebani untuk menjadi optimis. Karena bergembira bersama Hidup tidak serta merta menjadikan segalanya kabar baik. Hidup akan selalu menjadi dirinya sendiri, dan kita terlalu terbatas untuk menebak-nebak, esok ia akan membawa apa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s