Ceritakan Kembali

Kau terlalu paham, maka kau jadikan kebahagiaan adalah kepasrahan mutlak yang tak punya penangkal. Dan kau masuk terlalu dalam—berdalih mencari jalan keluar di ujung lainnya. Tapi kaulah yang paling mengerti, siapa yang sedang kau bohongi.

Kau tidak akan mendapatkan apapun dari usahamu menyenangkan semua orang. Pembenaran hanya akan terdengar cukup ketika kau menggunakannya pada orang bodoh yang akan selalu mengamini tindakanmu. Pemberanmu adalah omong kosong, kau hanya sedang melangkah di perjalanan panjang mengemis kebahagiaan dari tangan orang lain. 

Ditangannya, kau habiskan segala kejanggalan dan bersikap seolah yang membuatmu gila adalah satu-satunya yang nyata. Kau lakukan tanpa jeda, dan percaya bahwa setiap pagi adalah hari yang baru, dan kau akan merayakannya dengan kebahagian yang sama; yang kau paksakan di hari kemarin. Kau sedang berlari melingkar, menghindari garis akhir yang sudah terbaca sejak kau memulai langkah pertama. Tapi kau membutakan diri dan tetap saja terjun bebas, berdalih mencari dasar. Padahal bahkan kau sendiri tahu, dasar yang kau cari tidak akan kau temukan dengan pengertian yang kau benarkan.

Kau menuduh banyak hal, dan memaksakannya menjadi kebenaran bagi dirimu sendiri. Memaksakan siapa saja untuk hidup dalam kandang, dimana mereka nampak tak berkembang dan semakin tidak masuk akal setiap kali kau berselisih paham. Kau pikir dia satu-satunya yang mengerti, tapi kau lupa: ia bahkan tidak tahu cara mengendalikanmu di saat-saat terburuk.

Kau berusaha menenangkan diri, bahwa nanti dia akan menjadi segala akibat untuk setiap sebab. Dan ketika kau bangun hari esok, ia akan menghidupi kebahagiaan yang sama; yang selalu kau paksakan sebelum kau terlelap. Kau akan percaya pada kebohonganmu sendiri sampai kau tak tahu lagi cara lain selain kembali berpaling dari kenyataan.

Dia akan percaya; kau sendiri yang akan memastikan itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s